.

Selamat Datang Di Blog Vihara Budi Dharma Purwakarta. Alamat: Jalan Jend.Sudirman No 181 Purwakarta 41115. e-mail: pmvbudidharma@yahoo.com

Sabtu, 04 Mei 2013

Guru Spiritual: Geshe-Sonam


Geshe-la
Geshe Sonam Rinchen, juga dikenal sebagai Geshe Dawa, beliau lahir pada tahn 1933 di Trehor daerah Kham, Tibet Timur. Pada tahun 1945, beliau mulai berlajar di Biara Dhargyey, kemudian tahun 1952 melanjutkan studi di Biara Sera di Lhasa, beliau menetap di Biara Sera hingga 1959, kemudia mengasingkan diri di India karena serangan komunis.
Beliau menyelesaikan studi hingga meneri gelar Geshe Lharampa pada tahun 1980, kemudian beliau juga menerima gelar Acharya dari Central Institute of Higher Tibetan Studies di Sarnath. Sementara ini, beliau ditunjuk sebagai guru pembimbing di Library of Tibetan Works & Archives di Dharamsala sejak 1978, beliau mengajar filsafat dan praktik Buddhis, terutama bagi mereka yang berasal dari dunia barat.
Geshe Sonam Rinchen juga berkesempatan mengajar di beberapa tempat seperti Jepang, Australia, Inggris, Korea Selatan, Irlandia, New Zealand, dan Switzerland.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar